Minggu, 09 Maret 2014

Kucing Turkish Angora | Turkish Angora Cat


Turkish Angora atau ankara adalah kucing yang berasal dari daerah Ankara, Turki. Sebagian besar sumber mengatakan bahwa kucing ini adalah asal muasal dari jenis kucing bulu panjang (long hair cat) dan merukpakan jenis kucing tertua yang pernah ada, kucing ini sudah ada sejak tahun 1600s.

Kucing ini mempunyai bulu panjang, lembut dan tubuh yang elegan bagai seorang model.Umumnya kucing ini mempunyai bulu berwarna putih namun seiring dengan perkembangan, banyak breeder yang mengembangkan kucing Angora dengan warna lain seperti hitam, black tabby, bicolor, dll. Tubuh mereka terbilang ramping dengan ekor yang panjang, ekor kucing Angora lebih panjang dari pada kucing persia yang biasanya mempunyai ekor yg lebih pendek. Angora memiliki varian warna mata, ada yang berwarna hijau, biru, kuning, amber, bahkan odd-eyes (warna mata kiri dan kanan yang berbeda, misalnya mata kiri biru dan mata kanan kuning). Dari sisi wajah kucing Angora memiliki muka dengan bentuk segitiga, tirus serta telinga yang tinggi dan lancip.

Berbeda dengan tingkah laku kucing persia yang lebih tenang, kucing Angora memiliki karakter yang lebih aktif. Mereka kucing yang suka bermain dan lincah, karakter mereka sedikit mirip dengan anjing. Mereka suka memanjat ke furniture yang tinggi seperti rak buku, lemari, dll.

Di Indonesia sendiri belum ada kucing Angora asli, baik Turkish Angora maupun Turkish Van. Di Indonesia banyak yang menuliskan Angora dengan Anggora (double "G") dan banyak yang menawarkan adopsi kucing mereka dan mengatakan bahwa itu adalah kucing Angora dimana kenyataannya adalah persilangan kucing persia dan domestik/kucing kampung (short hair). Mereka menjual kucingnya dengan kisaran 200-500rb. Harga kucing Turkish Angora yang asli sebenarnya lebih mahal dari pada kucing persia karena breedernya yang tidak terlalu banyak. Dengan Pet Quality (kualitas untuk dipelihara) harganya bisa mencapai 9jt untuk anakan.

Turkish Angora yang banyak diikutkan dalam Cat Show adalah yang berwarna putih, bahkan dulu Turkish Angora yang berwarna lain atau putih dengan ada sedikit bintik hitam tidak bisa mengikuti Cat Show, namun dengan banyaknya Turkish Angora dengan warna lain akhirnya tidak hanya Angora yang berwarna putih saja yang bisa mengikuti Cat Show. Ada beberapa standar breed untuk kucing angora, yaitu yang dikeluarkan oleh TICA, FIFe, CFA, CCA, dan AFCA/CAA. ICA (Indonesia Cat Accosiation) sendiri belum ada untuk Turkish Angora karena yang seperti yang kita tahu klo Turkish Angora belum ada di Indonesia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar